>

Minggu, 09 Desember 2012

Adab Terhadap Orang Tua Yang Berbeda Aqidah


Adab Terhadap Orang Tua Yang Berbeda Aqidah


Adab Terhadap Orang Tua Yang Berbeda Aqidah

1. Menjaga silaturahmi dan bergaul dengan baik sama mereka.
Perbedaan agama tidak memutuskan hubungan nasab dan tidak juga menggugurkan kewajiban anak untuk berbakti kepada orang tua. Kekafiran, kemusyrikan dan kefasikan jangan menjadi penghalang seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Islam mengajarkan meskipun kita memiliki orang tua yang kafir atau musyrik, kita tetap diperintahkan untuk menyambung tali silaturahmi dengan keduanya, menghormati dan menyayangi keduanya. Namun jika keduanya mengajak anak untuk bermaksiat kepada Alloh atau keluar dari agama Islam anak tidak wajib untuk mengikuti perintahnya. Hal ini sesuai dengan firman Alloh SWT "Dan Kami wajibkan kepada manusia (berbuat) kebaikan kepada kedua orang tuanya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan seseuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya,.... " (QS. Al-Ankabut : 8)

2. Mendoakan orang tua agar mendapatkan hidayah dari Alloh SWT.
Termasuk berbakti kepada orang tua yang berbeda agama adalah mengajak mereka memilih jalan kehidupan yang benar dengan memeluk agama yang di ridhoi Alloh SWT yaitu Islam. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut, dan diantaranya adalah dengan cara selalu mendoakan mereka agar mendapatkan hidayah selama mereka masih hidup. Hal ini seperti yang dilakukan oleh sahabat Abu Hurairah ra. Dalam Sahih Muslim disebutkan bahwa Abu Hurairah ra berkata "Saya mendakwahi ibu saya agar mau masuk Islam, tetapi ia justru mengucapkan kata-kata yang tidak pantas dan juga benci tentang Nabi SAW. Saya pun segera menemui Rosululloh SAW sambil menangis. Saya mengadu kepada beliau, "Wahai Rosululloh saya telah membujuk ibu saya untuk masuk Islam tetapi ia menolak ajakan saya. Tadi saya mengajaknya masuk Islam, tetapi ia mengeluarkan kata-kata yang tidak pantass tentang dirimu. Oleh karena itu mohonkanlah kepada Alloh SWT agar Dia berkenan memberikan hidayah kepda ibu saya". Rosululloh SAW mengabulkan permintaannya lalu beliau berdoa "Ya Alloh, berilah hidayah kepada ibu Abu Hurairah". Akhirnya Alloh SWT mengabulkan doa Rosululloh SAW dan ibu Abu Hurairah ra pun masuk Islam". Demikian yang sedikit ini tentang Adab Terhadap Orang Tua Yang Berbeda Aqidah semoga dapat untuk dijadikan kemanfaatan,artikel copas dari http://gubugberbagi.blogspot.com dan gambar dari facebook http://www.facebook.com/lynda.elwy/photos  semoga ini mendapatkan ridlhoh ALLAH Aminx3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar